Pesantren Tasawwuf Cipulus Banten

Assalamu'alaykum.wr.wb. Cipulus adalah sebuah julukan sebuah pesantren yang ada di daerah Banten.nama resmi pesantrennya sendi...





Assalamu'alaykum.wr.wb.

Cipulus adalah sebuah julukan sebuah pesantren yang ada di daerah Banten.nama resmi pesantrennya sendiri,sebenarnya tidak pernah ada.karna di lingkungan ponpes itu ada mata air cipulus,maka terkenallah pesantren dengan nama Cipulus.

Pondok pesantren ini memang agak beda di bandingkan dengan yang lain.di tahun tahun 2007an bagi yang mau masuk sebagai status mukimin di wajibkan untuk riyadah/menahan lapar selama 11 hari yang terkenal dengan istilah Puasa air(buka sahur cuma dengan air saja.).

salah satu tujuan puasa ini mungkin untuk menguji,sampe seberapa niat dan kebulatan tekad santri.selebihnya itu merupakan rahasia yang tidak bs di jelaskan.

Di awal admin masuk ponpes ini sama sekali tidak ada aktifitas ngaji/belajar secara formal.semua pelajaran yang ada langsung di sampaikan dan di urai detail oleh Syaikhina secara langsung...

Dalam setiap isi tausyiah/maudzohnya,bisa di pastikan kebanyakan materinya mengarah ke Tasawwuf/tauhid.oleh karenanya pondok ini lebih dikenal dengan pondok tasawwuf.





Buat yang santri mukimin disana bisa di bilang benar-benar di ajari bagaimana cara mengguanakan waktu untuk beribadah.setelah usai/lulus puasa 11 hari,aktifitas harian santri penuh dengan kegiatan ukhrowy.

Mulai pagi sekitar jam 9 sudah persiapan shalat Dhuha,yg di ambilnya pun gak tanggung2, 12 rokaat,yaitu jumlah yg terbanyak.di lanjut dengan shalat istiadzah,shalat sunnah nahar seperti dalam ihya ulumiddin.kemudian di teruskan dg baca alquran di kamar masing masing.tiap hari dulu di tekankan minimal dapat 10 juz.hal ini bertujuan supaya waktu tidak terbuang sia sia dg amal yg kurang penting.

15 menit sebelum masuk waktu shalat biasanya ada kentong awal,pertanda waktu shalat hampir masuk sehingga para jamaah bisa segera mempersiapkan diri.ketika jam 12.05 terdengarlah kentong tsani tanda masuk waktu shalat,dan dilanjutkan dg adzan yg manual tanpa spekear.Habis jamaah,dilanjut dg meneruskan baca alquran yg mesti beres 10 juz.

Ashar juga ambil waktu yg awal.setelah shalat para santri diwajibkan bercocok tanam.atau istilah disana ''Tolabul halal''.karna di ponpes ini di larang mencari makanan dari luar,pasar/warung,maka hasil dari pertanian disinilah yg di konsumsi santri tiap hari.

Setelah matahari terbenam,terdengar adzan magrib,yg bikin sy salut sekali,syikhuna sering datang lebih awal,biasanya sebelum adzan sudah duduk di mihrob.subhanalloh...beliau emang figur yg tidak banyak mengasih pelajaran dg lisan,tapi ahwal/praktek langsung yg di kedepankan.semoga kita bisa mencotohnya amiin.

Beres awrod ba'da magrib,dilanjut dg shalat shalat sunnah seperti ba'diyah,Lihifdzil iman,unsil qobri,shalat awabin 20 raka'at dan barulah semua santri yg dianjurkankan puasa tiap hari disini bisa memulai berbuka puasa dengan menu seadanya.

Di akhir tahun 2011,ada program baru,yaitu ta'allum yang di pegang oleh menantu beliau ustadz Amin(Suami dari hj fatimah,putri bungsu almukarrom).sekitar jam 20.00 sampe jam 22.00 di isi dg pengajian kitab kitab ala manhaj ahlussunah waljama'ah seperti taqrib,aqidatul awam dll.

jam 22.00 terdengar adzan isya.emang untuk isya disini agak malam,karna habis jamaah di lanjutkan dengan aktifitas awrod dan shalat shalat sunnah sampai waktu sahur/sebelum shubuh.Untuk mengisi qiyqmillayl,biasanya ada shalat shalat sunnah yg banyak jenisnya mulai sholat ba'diyah,Shalat layl,shalat tasbih,shalat mutlaq,Shalat hajat dll yg akhirnya di tutup dg witir 11 raka'at.

masuk waktu subuh langsung adzan diteruskan dg sunnahnya 2 raka'at.yg jarang dilihat di pesantren luar yaitu idtija'/berebah sebentar sehabis sunnah fajar.bagi yg baru,biasanya merasa heran,ternasuk saya sendiri.ko' ada tidur2 ran sebelum shalat...??setelah di kaji ulang,ternyata semuanya dibahas dlm 'ianah tolibin juz 1/di kitab2 fikih yg lain.

Seusai jama'ah dilanjut dg awrod-awrod yg lumayan panjang.biasanya di selingi dg mauidzoh dari almukarrom sampe terbit matahari.hal ini miungkin menjaga agar jamaah tidak tidur sampe isyroq.begitulah yang beliau contohlan.habis shubuh beliau cuma duduk sambil wirid di mihrob sambil menunggu terbit.setelah waktu menunjukkan terbit lebih 8 menit,al mukarrom & para jamaah meneruskan lagi dg shalat sunnah isyroq dan istihkhoroh.

Begitulah akifitas harian di ponpes ini.untuk mengetahui lebih lanjut,silahkan buka situsnya di http://cipulus.wordpress.com/


Koleksi DVD islamy-detail kik disini
Artikel terkait:
*.Biografi Kyai Haji
Abdul Hannan
Ma'sum-Kwagean

*.Daftar Makam
Auliya' di Indonesia

*.Daftar Mahram
Yang Haram Di
Nikah

*.Download mp3
ceramah kristology
Kyai Matius

*.Download Mp3
Pengajian Alhikam
kyai Imron Jamil

*.Cara membuat
ebook untuk hp
dengan mjbook
marker



Wassalamu'alaykum.wr.wb.

Kata kunci:
*. Kyai Mufassir Cipulus Banten.
*. Kyai sepuh Banten.kyai sufi.
*. Pondok tasawwuf Banten.
*. Santri Sufi di Banten.
*. Belajar menahan Nafsu.
*. Santri ahli Riyyadoh.
*. Belajar melawan gejolak nafsu.
*. Puasa tahunan.begadang malam dengan ibadah.

Related

Profile Pesantren 7728594776509539320

Posting Komentar

KOMENTAR SPAM, SARA, TITIP DAGANGAN, NGAJAK DISKUSI TANPA DALIL MU'TABAR, DISKUSI DENGAN ILMU COPAS . KAMI DELET
*****************************************
Cara isi Komentar:

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
5. Bagi yang belum bisa berkomentar dengan HTML,silahkan klik disini.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.
7. Karna banyaknya komentar spam, maka moderasi & verifikasi captcha kami aktifkan.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Admin www.zonaislam.net

emo-but-icon

item