Pesantren Mamani'is -Pani'is Tasikmalaya-Jawabarat

Assalamualaykum.wr.wb. Sehabis ziarah dari makam syekh Abdul Muhyi pamijahan selama beberapa hari,di awal 2012 kemarin saya sempatka...


Assalamualaykum.wr.wb.

Sehabis ziarah dari makam syekh Abdul Muhyi pamijahan selama beberapa hari,di awal 2012 kemarin saya sempatkan untuk sowan ke salah satu tokoh sepuh di daerah Tasikmalaya.beliau lebih di kenal Mamani'is,nama ini sepertinya di ambil dari dusun Pani'is yang beliau tempati.Sedangkan Mama sendiri adalah sebuah julukan kebesaran bagi seorang kyai di daerah sunda.

Setelah ketemu dengan rois pesantren yang waktu itu di jabat oleh ustadz Ipung,dapat kabar kalau Mamani'is sudah wafat sekitar tahun 2008an,Innalillahi....Dari semula niat silaturrohmi,akhirnya jadi ziarah ke makam beliau yang ada di dekat kediamannya yang cukup sederhana tapi sangat adem rasanya.



Diantara beberapa Pesantren yang pernah saya singgahi,nampaknya ponpes ini agak beda dari yang lain.di pesantren yang agak jauh dari kota ini lebih menunjukkan kesederhanaannya.mulai dari bangunan masjid,rumah pengasuh dan kamar santri yang hanya beratapkan ijuk.

Di pesantren beliau,walaupun masjidnya bisa di bilang agak kuno (untuk ukuran jaman sekarang)tapi masyaallah,Allohuakbar,di tempat ini nuansa ibadah terlihat sangat begitu kental.shalat jamaah bisa dibilang di wajibkan di ponpes ini,15 menit sebelum masuk waktu,para santri sudah mulai berkumpul di masjid sambil menunggu shalat di mulai.

Ketika sudah masuk waktu,biasanya segera di kumandangkan adzan secara manual tanpa pengeras/loudspekear:jamaah shalatnya pun terlihat di perhatikan betul sama imam,barisan rapat,shaf juga penuh,pakain kebanyakan memakai putih putih.dan yang jelas,ketika takbir di mulai semua santri sudah berkumpul.karna bagi yang ketinggalan satu rakaat saja dia akan di kenai ta'zir/hukuman.

Walaupun santri cuma sekitar 50 orangan,tapi pengajian di ponpes ini terlihat sangat aktif.berbagai fan ilmu di ajarkan langsung oleh Ustadz Osad (Cucu menantu Mama Ni'is) dan Ustadz Asep (cucu Mama Ni'is).Di hari minggu ada pengajian umum masyarakat yang di mulai sekitar pukul 08.00( setelah semua shalat dhuha) sampe masuk waktu dhuhur.setelah jamaah,tampak ada sajian makanan sekedarnya yang di peruntukkan bagi para semua muslimin yang hadir.

Yang bikin saya ta'jub di hari jumat..masyaAlloh.jam 9 pagi saya lihat para jamaah shalat jumat sudah mulai berkumpul.Shalat duha diteruskan baca alquran sambil menunggu shalat jumat di mulai.memang begitulah sunnah rasulillah.

Dari sekian banyak pesantren di jawabarat,mungkin ponpes inilah yang bisa di bilang salah satu pesantren yang masih mengikuti manhaj salaf.kesederhanaan dan pengamalan ilmu yg lebih di kedepankan.

Bagi yang berminat silaturrohmi bisa datang langsung ke desa Pani'is.Rute dari terminal Tasikmalaya bisa cari angkot/bus mini jurusan Manonjaya.Turun lalu naik Angdes yang lewat Pani'is.bilang turun ke Ponpes Mama Mani'is insyaAlloh banyak yang tahu.

Semoga ada manfaatnya..

Wassalamualaykum Wr Wb



Artikel terkait:

*.Daftar Makam Auliya' di Indonesia
*.Pesantren Tasawwuf Cipulus Banten
*.Pesantren Ar-Riyadhoh Panguragan
*.Download mp3
ceramah kristology Kyai Matius

*.Download Mp3 Pengajian Alhikam kyai Imron Jamil
*.Cara membuat ebook untuk hp dengan mjbook marker


Kata kunci:

Kyai Sufi,pondok salaf Tasikmalaya,Kyai Mani'is,Mamani'is,Kyai Tasawwuf,Pesantren Sufi,Pesantren salaf,kyai sepuh jawabarat.

Related

Profile Pesantren 5516511656785973479

Posting Komentar

  1. Terimakasih bnyak.
    ..Kalau brkenan,
    ditunggu kunjungnnya di:
    http://www.gadingcityapartement.blogspot.com

    BalasHapus
  2. alhamdulilah yang bikin saya bangga, saya pernah mondok dimaniis!

    BalasHapus
  3. Benhur:
    Alhmdllh klo pernah disana...
    Suasana islaminya yg bikin admin kagum

    BalasHapus
  4. ane jadi bangga kalo tasikmalaya di blog ini..heheh

    BalasHapus
  5. saya orang tasik, makasih atas promosinya,,heheh

    alhadiherbal

    BalasHapus

KOMENTAR SPAM, SARA, TITIP DAGANGAN, NGAJAK DISKUSI TANPA DALIL MU'TABAR, DISKUSI DENGAN ILMU COPAS . KAMI DELET
*****************************************
Cara isi Komentar:

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
5. Bagi yang belum bisa berkomentar dengan HTML,silahkan klik disini.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.
7. Karna banyaknya komentar spam, maka moderasi & verifikasi captcha kami aktifkan.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Admin www.zonaislam.net

emo-but-icon

item